-->

Laporan Praktikum - Anatomi Organ Tumbuhan Monokotil Dan Dikotil

Ditulis oleh: Laporan Praktikum Inside
Berikut ulasan mengenai Laporan Praktikum - Anatomi Organ Tumbuhan Monokotil Dan Dikotil, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Laporan. Silahkan disimak!

A. LATAR BELAKANG MASALAH

Anatomi (berasal dari bahasa Yunani anatomia, dari anatemnein, yang berarti memotong) adalah cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur dan organisasi dari makhluk hidup. Tumbuhan merupakan salah satu keanekaragaman hayati yang ada di bumi. Sehingga anatomi tumbuhan adalah cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur dan organisasi dari tumbuhan itu sendiri yaitu struktur yang pembangun tumbuhan tersebut.

Dalam system klasifikasi makhluk hidup, Tumbuhan dikelompokkan dalam kingdom plantae. Kingdom plantae beranggotakan semua organisme eukariotik multiseluler fotosintetik yang memiliki klorofil A dan B, menyimpan karbohidrat yang biasanya berupa tepung, dan embrionya dilindungi oleh jaringan tumbuhan parental.

Kingdom plantae atau dunia tumbuhan dikelompokkan menjadi tumbuhan tidak dan tumbuhan berpembuluh. Tumbuhan tidak berpembuluh adalah kelompok lumut, sedangkan tumbuhan berpembuluh meliputi tumbuhan paku-pakuan dan tumbuhan berbiji.

Tumbuhan Berbiji (spermatophyte) merupakan kelompok tumbuhan yang memiliki ciri khas, yaitu adanya suatu organ yang berupa biji. Biji merupakan bagian yang berasal dari bakal biji dan didalamnya mengandung calon individu baru, yaitu lembaga.

Spermatophyta diklasifikasikan lagi menjadi 2 subdivisi , yakni tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan biji tertutup (Angiospermae) Berdasarkan jumlah keping bijinya, Tumbuhan biji tertutup dibedakan menjadi 2 , yaitu tumbuhan biji berkeping satu (monokotil) dan tumbuhan biji berkeping dua (dikotil).

Tubuh makhluk hidup tersusun atas jutaan sel. Sel-sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama membentuk suatu jaringan. Beberapa macam jaringan akan membentuk suatu organ. Kumpulan bermacam-macam organ membentuk suatu sistem organ. Akhirnya, beberapa macam sistem organ saling melengkapi dan bekerja sama untuk membentuk suatu individu makhluk hidup. Namun, pada tumbuhan tidak terdapat sistem organ.Pertumbuhan hanya sampai pada organ kemudian membentuk satu individu tumbuhan.

Kita ketahui setiap makhluk memiliki struktur yang menyusunnya, seperti halnya pada tumbuhan dikotil dan monokotil disusun atas berbagai organ seperti akar, batang, daun, bunga dan biji. Organ-organ tersebut juga tersusun dari berbagai jaringan, seperti jaringan meristem, parenkim, sklerenkim, kolenkim, epidermis, dan jaringan pengangkut. Meskipun sama-sama diklasifikasikan sebagai tumbuhan berbiji (spermatophyte), pada kenyataannya tumbuhan dikotil dan monokotil mempunyai perbedaan yang cukup jelas baik secara anatomi maupun secara morfologinya.

Kalau secara morfologi mungkin kita bisa melihatnya secara langsung seperti bentuk daun, akar, dan akarnya tetapi kalau struktur penyusun bagian-bagian tersebut kita tidak dapat melihatnya dengan kasat mata karena sel-sel yang berukuran sangat kecil. Untuk itu kami melakukan praktikum untuk mengamati dengan lebih jelas mengetahui dan mengidentifikasi serta membuktikan apakah benar seperti yang dipaparkan di buku bentuk susunan dan letak sel-sel penyusun bagian-bagian tumbuhan monokotil dan dikotil serta dapat membedakan antara struktur monokotil dan dikotil secara anatominya.


B. RUMUSAN MASALAH

1. Apa saja jaringan yang menyusun akar, batang, dan daun tumbuhan yang dapat dilihat ?
2. Bagaimana bentuk, susunan dan letak  jaringan-jaringan penyusun pada tumbuhan?
3. Apakah ada perbedaan antara tumbuhan monokotil dan dikotil baik struktur susunan, bentuk dan letak jaringan-jaringan penyusunnya ?

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai laporan ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Laporan Praktikum - Anatomi Organ Tumbuhan Monokotil Dan Dikotil

Sekian artikel dari Laporan Praktikum Inside mengenai Laporan Praktikum - Anatomi Organ Tumbuhan Monokotil Dan Dikotil, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Laporan.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Laporan Praktikum