-->

Laporan Praktikum - Vitamin C Dalam Buah

Ditulis oleh: Laporan Praktikum Inside
Berikut ulasan mengenai Laporan Praktikum - Vitamin C Dalam Buah, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Laporan. Silahkan disimak!

A. Tujuan Percobaan

Menentukan kadar vitamin C dalam buah


B. Tinjauan Pustaka

Vitamin merupakan komponen penting dalam suatu bahan, khususnya bahan pangan karena kandungannya menentukan nilai nutrisi dari bahan tersebut. Vitamin ini dalam proses metabolism dapat berperan sebagai koenzim  dan lainnya. Berdasarkan sifat fisiknya vitamin ini dapat dikelompokkan menjadi:
a.  Vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B dan vitamin C.
b. Vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K

Dalam proses poengolahan pada umumnya vitamin ini akan mengalami perubahan sehingga kadarnya menjadi berkurang. Sebaliknya dengan proses fermentasi dakan dapat meningkatkan kandungan vitaminnya yang dihasilkan oleeh miroorganisme (Tim Dosen Biokimia, 2011).

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran memiliki rumus molekul C6H800, dikenal juga sebagai asam askorbat. Sifat dari vitamin C adalah:
a. Mudah larut dalam air dan tidak larut dalam eter
b. Tidak tahan terhadapap pemanasan
c.  Dalam suasan stabil dan kondisi basa dan netral mudah rusak (Tim Dosen Biokimia, 2011)

Vitamin adalah sekelompook senyawa organic amina berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme yang tidak dihasilkan oleh tubuh. Nama ini berasal dari gabungan kata bahas latin vita yang berarti hidup dan amina (amine) yang mengacu pada suatu gugus organic yang memilik atom nitrogen (N), karena pada awalnya vitamin dianggap demikian. Kelak diketahui bahwa bnyak vitamin yang sama sekali tidak memiliki atom N. dipandang dari sisi enzimologi (ilmu tentang enzim), vitamin adalah kofaktor dalam reaksi kimia yang dikatalisasi oleh enzim. Pada dasarnya, senyawa vitamin ini digunakan tubuh untuk dapat bertumbuh dan berkembang secara normal (Anonim, 2011).

Vitamin merupakan nutrient organic yang dibutuhkan dalam jumlah kecil untuk berbagai fungsi biokimia dan yang umumyan tidak disintesis oleh tubuh sehingga harus dipasok dari makanan. Vitamin yang larut dalam air, seluruhnya diberi symbol anggota B komplek (kecuali vitamin C) dan vitamin larut dalam lemak yang baru ditemukan diberi symbol menurut  abjad (A, D, E, K). Vitamin yang larut dalam air tidak pernah dalam keadaan toksitas didalam tubuh karena kelebihan vitamin ini akan dikeluarkan melalui urin (Anonim, 2011)

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai laporan ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Laporan Praktikum - Vitamin C Dalam Buah

Sekian artikel dari Laporan Praktikum Inside mengenai Laporan Praktikum - Vitamin C Dalam Buah, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Laporan.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Laporan Praktikum