-->

Laporan Demonstrasi - Muatan Listrik

Ditulis oleh: Laporan Praktikum Inside
Berikut ulasan mengenai Laporan Demonstrasi - Muatan Listrik, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Laporan. Silahkan disimak!

I. Tujuan

Mahasiswa dapat membuktikan perpindahan muatan listrik suatu benda ke benda yang lain.


II. Landasan Teori

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa terlepas dari penggunaan listrik. Dari bangun sampai tidur lagi kita selalu memanfaatkan listrik. Listrik berasal dari kata elektron yang dalam bahasa Yunani berarti batu ambar. Semua zat atau materi disusun oleh atom-atom. Atom adalah bagian terkecil suatu unsur yang masih memiliki sifat unsur itu. Tiap unsur hanya disusun oleh satu jenis atom.

Benda tersusun atas ribuan bahkan juataan atom. Atom tersusun atas proton, neutron, dan elektron. Proton dan neutron terdapat di dalam inti atom, sedangkan elektron terdapat di kulit atom / luar nukleus. Elektron inilah yang dapat berpindah secara bebas dari benda satu ke benda yang lain.

Jumlah proton dan elektron dalam sebuah atom adalah sama. Itulah sebabnya, atom bersifat netral. Sebagai contoh, atom hydrogen mengandung satu atom dan satu elektron.

Atom bermuatan positif adalah atom yang memiliki jumlah proton lebih banyak dari jumlah elektron, sedangkan atom bermuatan negative adalah atom yang memiliki jumlah proton lebih sedikit daripada jumlah elektron. Benda bermuatan netral tersusun atas atom-atom yang tidak bermuatan (netral). Atom netral adalah atom yang memiliki jumlah proton sama dengan jumlah elektron.

Muatan listrik yaitu muatan dasar yang dimiliki oleh suatu benda. Dua benda yang bermuatan saling berinteraksi akan tarik menarik dan tolak menolak. Benda akan tarik menarik bila kedua muatan tak sejenis, dan bila tarik menarik berarti muatan kedua benda tersebut sejenis, ini biasa disebut hukum Coulumb.

Perbedaan muatan listrik akan menimbulkan gerakan muatan lsitrik dalam suatu rangkaian, ini lazim disebut arus listrik. Gerakan muatan listrik disebabkan oleh perbedaan potensial listrik atau tegangan listrik. Arah arus listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian dari potensial tinggi ke potensial rendah. Hal ini berkebalikan atau berlawanan arah dengan gerak elektron yaitu dari potensial rendah ke potensial tinggi.

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai laporan ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Laporan Demonstrasi - Muatan Listrik

Sekian artikel dari Laporan Praktikum Inside mengenai Laporan Demonstrasi - Muatan Listrik, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Laporan.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Laporan Demonstrasi