-->

Laporan Demonstrasi - Rangkaian Listrik Terbuka Dan Tertutup

Ditulis oleh: Laporan Praktikum Inside
Berikut ulasan mengenai Laporan Demonstrasi - Rangkaian Listrik Terbuka Dan Tertutup, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Laporan. Silahkan disimak!

I. Tujuan

Mahasiswa dapat membuat rangkaian terbuka dan tertutup.


II. Landasan Teori

Rangkaian listrik adalah susunan komponen-komponen elektronika yang dirangkai dengan sumber tegangan menjadi satu kesatuan yang memiliki fungsi dan kegunaan tertentu. Arus listrik dalam suatu rangkaian listrik hanya dapat mengalir jika rangkaian listrik tersebut berada dalam keadaan tertutup. lampu akan menyala apabila rangkaian berada dalam kondisi tertutup (tersambung dengan saklar). Lampu menyala karena dalam rangkaian tersebut mengalir arus listrik sebesar I.

Arus listrik dalam suatu rangkaian listrik hanya dapat mengalir jika rangkaian listrik tersebut berada dalam keadaan tertutup. Rangkaian listrik disebut juga untaian listrik/hubungan listrik. Rangkaian listrik dapat pula diartikan sebagai sejumlah alat-alat listrik seperti misalnya stop kontak, saklar, tombol, fitting, bola lampu.

Rangkaian listrik terdiri dari sumber arus listrik dan beban yang dihubungkan dengan menggunakan konduktor. Beban dapat berupa komponen-komponen elektronik (transistor, resistor, dan lain-lain), pesawat elektronik (radio, televisi, dan lain-lain) atau pesawat listrik (lampu, setrika listrik, dan lain-lain). Sedangkan sumber arus listrik dapat berupa baterai atau listrik PLN.

Jenis rangkaian listrik ada 2 macam yaitu:

1. Rangkaian Listrik Terbuka

Rangkaian listrik terbuka merupakan suatu bentuk rangkaian listrik dimana arus tidak dapat mengalir dalam rangkaian karena ada bagian dalam rangkaian yang tidak terhubung atau dihubungkan dengan komponen pemutus arus seperti saklar. Rangkaian Terbuka tidak dapat mengalirkan arus karena jalannya arus diputus (dibuka).

2. Rangkaian Listrik Tertutup

Rangkaian listrik tertutup merupakan rangkaian listrik yang terdapat aliran arus di dalamnya. Pada sebuah rangkaian listrik tertutup terdapat tegangan dan arus di berbagai titik sepanjang rangkaian. Besar kuat arus dan tegangan dari masing – masing elemen dalam rangkaian listrik tertutup dapat dihitung dengan cara mencari total hambatan (hambatan pengganti) dari elemen – elemen dalam rangkaian.

Rangkaian tertutup dapat mengalir pada beban dan juga pada sumber. Pada beban, arus mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif. Sedangkan di dalam sumber, arus mengalir dari kutub negatif positif menuju kutub positif.

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai laporan ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Laporan Demonstrasi - Rangkaian Listrik Terbuka Dan Tertutup

Sekian artikel dari Laporan Praktikum Inside mengenai Laporan Demonstrasi - Rangkaian Listrik Terbuka Dan Tertutup, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Laporan.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Laporan Demonstrasi