-->

Laporan Praktikum - Pemisahan Dan Pemurnian

Ditulis oleh: Laporan Praktikum Inside
Berikut ulasan mengenai download contoh Laporan Praktikum - Pemisahan Dan Pemurnian, yang dapat kalian download dalam bentuk word (doc) maupun pdf dan dapat kalian jadikan acuan untuk membuat laporan. Silahkan disimak!

Dasar Teori

Sebagian besar zat-zat di alam semesta masih bercampur dengan zat lain,khususnya zat-zat kimia anorganik maupun organik. Contohnya garam dapur dari laut masih bercampur dengan garam-garam yang lainnya,logam masih bercampur dengan pengotor dalam bijihnya,gula tebu masih harus dipisahkan dari air tebunya, udara yang kita hirup setiap hari mengandung bermacam unsur dan senyawa, seperti oksigen, nitrogen, uap air, dan sebagainya.

Untuk berbagai keperluan diperlukan zat murni,sehingga teknologi pemisahan dan pemurnian diperlukan untuk memperoleh zat murni dari campurannya. Campuran dapat dipisahkan melalui peristiwa fisika atau kimia. Pemisahan secara fisika tidak mengubah zat selama pemisahan, sedangkan secara kimia, satu komponen atau lebih direaksikan dengan zat lain sehingga dapat dipisahkan.

Cara atau teknik pemisahan campuran bergantung pada jenis, wujud, dan sifat komponen yang terkandung didalamnya. Untuk memisahkan bahan padat dari larutan cair dapat dilakukan dengan penyaringan. Apabila bahan padat yang dipisahkan sangat kasar maka dapat dipisahkan dengan menggunakan corong yang dilengkapi dengan kertas saring. Saringan bermacam-macam, mulai dari porinya yang besar sampai yang sangat halus, penyaringan dilakukan dengan menggunakan corong buchner.

Campuran homogen seperti alkohol dalam air, tidak dapat dipisahkan dengan saringan, karena partikelnya lolos dalam pori-pori kertas saring. Campuran seperti ini dapat dipisahkan dengan cara fisika yaitu destilasi, ekstraksi, rekristalisasi, dan kromatografi.

# # # # # # #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai laporan ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Laporan Praktikum - Pemisahan Dan Pemurnian

Sekian artikel mengenai Laporan Praktikum - Pemisahan Dan Pemurnian, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat laporan.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Laporan Praktikum