-->

Laporan Praktikum - Pembuatan Sirine Tiga Suara

Ditulis oleh: Laporan Praktikum Inside
Berikut ulasan mengenai Laporan Praktikum - Pembuatan Sirine Tiga Suara, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Laporan. Silahkan disimak!

I. Tujuan

Mahasiswa diharapkan dapat merangkai tiga bunyi sirine dengan benar.


II. Landasan Teori

Sirine adalah suatu alat penggetar yang menggunakan sumber arus listrik untuk menghasilkan bunyi menderu terus menerus. Sirene tersusun atas sebuah piringan yang diberi lubang dengan jumlah berbeda pada setiap jari-jarinya, kemudian diputar dengan cepat. Pada saat piringan itu berputar, diembuskan udara dengan compressor ke arah lubang secara bergantian sehingga terdengar bunyi yang menderu terus menerus dengan suara yang bergantian pula.

Sirene merupakan salah satu teknologi yang canggih tetapi merupakan sebuah alat sederhana, yaitu suatu alat yang dirangkai dari komponen-komponen seperti : trasistor, kapasitor, dioda, resistor, IC, dll. Yang semuanya merupakan dari jenis komponen elektronika yang sangat sederhana, banyak dan mudah didapat. Rangkaian sirene ini merupakan rangkaian elektronik yang mempunyai kemampuan mengeluarkan output dalam bentuk gelombang suara atau bunyi, yang fungsinya sebagai suatu alat pemberitahuan sederhana, dan dalam penyajian bentuk yang cukup mudah dimengerti oleh semua pengguna, karena untuk mengoperasikan alat ini juga cukup mudah dioprasiakan.

Sirine terdiri dari berbagai komponen elektronika. Komponen Elektronika biasanya sebuah alat berupa benda yang menjadi bagian pendukung suatu rangkaian elektronik yang dapat bekerja sesuai dengan kegunaannya. Komponen elektronika ini terdiri dari satu atau lebih bahan elektronika, yang terdiri dari satu atau beberapa unsur materi dan jika disatukan, dipanaskan, ditempelkan dan sebagainya akan menghasilkan suatu efek yang dapat menghasilkan suhu atau panas, menangkap atau menggetarkan materi, merubah arus, tegangan, daya listrik dan lainnya.

Sirine memiliki kelebihan yaitu dapat memberikan peringatan awal terhadap bahaya yang akan terjadi sehingga pemilik dapat mengantisipasi dan meminimalisir korban jiwa dan kerugian materil. Sirine merupakan alat yang mampu menyebabkan reaksi positif dan negatif pada manusia. Namun, sirine juga memiliki kelebihan diantaranya dalam penggunaan alarm yaitu dapat menyebabkan orang yang mendengar bunyi nyaring dari sirine tersebut mengeluarkan reaksi panik dan menyelamatkan diri secara tidak rasional yang dapat membahayakan dirinya.

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai laporan ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Laporan Praktikum Pembuatan Sirine Tiga Suara

Sekian artikel dari Laporan Praktikum Inside mengenai Laporan Praktikum - Pembuatan Sirine Tiga Suara, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Laporan.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Laporan Praktikum