-->

Laporan Praktikum - Morfologi Daun (Majemuk Dan Tunggal)

Ditulis oleh: Laporan Praktikum Inside
Berikut ulasan mengenai Laporan Praktikum - Morfologi Daun (Majemuk Dan Tunggal), yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Laporan. Silahkan disimak!

A. Latar Belakang

Jika diperhatikan secara seksama, daun (folium) dari berbagai jenis tumbuhan akan memperlihatkan jumlah daun yang berbeda-beda. Karena itulah daun-daun tersebut dapat diidentifikasi kedalam dua golongan berdasarkan jumlah daunnya. Yang pertama adalah daun tunggal (folium simplex) yaitu daun dimana pada tangkai daun (petiolus) hanya terdapat satu helaian daun (lamina) saja. Kemudian yang kedua adalah daun majemuk (folium compositum) dimana pada tangkai daun (petiolus) terdapat cabang-cabang yang memiliki helaian daun (lamina), sehingga dalam satu batang (petiolus) terdapat lebih dari satu helaian daun (lamina).

Daun majemuk (folium compositum) memiliki bagian-bagian yang terdiri atas ibu tangkai daun (petiolus communis), tangkai anak daun (petiololus), dan anak daun (foliolium). Berdasarkan susunan anak daun (foliolium) pada ibu tangkai daunnya (petiolus communis) dibedakan menjadi empat golongan yaitu : daun majemuk menyirip (pinnatus), daun majemuk menjari (palmatus), daun majemuk bangun kaki (pedatus), dan daun majemuk campuran (digitato pinnatus). Pada beberapa tanaman tertentu daun mengalami semacam proses reduksi yang mengakibatkan daun yang mek itulah dimiliki lebih dari satu helaian daun, hanya menyisakan satu helaian daun saja. Untuk itulah diperlukan pemahaman setelah melakukan praktikum dalam mengidentifikasi daun tunggal (folium simplex) dan daun majemuk (folium compositum).


B. Tujuan

Mempelajari bermacam-macam tipe daun majemuk serta membedakan antara daun majemuk dan daun tunggal.

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai laporan ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Laporan Praktikum - Morfologi Daun (Majemuk Dan Tunggal)

Sekian artikel dari Laporan Praktikum Inside mengenai Laporan Praktikum - Morfologi Daun (Majemuk Dan Tunggal), yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Laporan.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Laporan Praktikum