-->

Laporan Demonstrasi - Rangkaian Listrik Seri

Ditulis oleh: Laporan Praktikum Inside
Berikut ulasan mengenai Laporan Demonstrasi - Rangkaian Listrik Seri, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Laporan. Silahkan disimak!

I. Tujuan

Mahasiswa mampu membuktikan keadaan lampu secara seri jika salah satu lampu dikendorkan.


II. Landasan Teori

Rangkaian listrik adalah suatu hubungan sumber listrik dengan alat-alat listrik lainnya yang mempunyai fungsi tertentu. Berdasarkan susunan hubungan alat-alat listrik, maka rangkaian listrik tersusun dengan tiga cara, yaitu: rangkaian seri, rangkaian paralel, dan rangkaian campuran.

Pada rangkaian seri, hanya terdapat satu lintasan aruslistrik. Bagian rangkaian dipasang secara berurutan, tanpa ada percabangan. Rangkaian seri adalah rangkaian listrik dimana semua hambatan listrik (atau peralatan listrik) disusun berderet, ujung hambatan satu bersambungan dengan ujung hambatan yang lainnya. Dalam rangkaian seri, besarnya hambatan total rangkaian merupakan jumlah dari keseluruhan hambatan peralatan listrik yang disambungkan dalam rangkaian.

Arus listrik mengalir melalui setiap komponen dalam sirkuit. Oleh karena itu semua komponen dalam rangakain listrik seri membawa besar arus yang sama dan hanya ada satu jalan dimana arus listrik dapat mengalir.


Ciri-ciri rangkaian seri:
  1. Arus listrik mengalir tanpa melalui cabang. Arus listrik yang mengalir melalui lampu 1 melalui lampu 2, demikian pula yang melalui baterai 1 dan baterai 2.
  2. Jika salah satu alat listrik dilepas atau rusak maka arus listrik akan putus.
  3. Rangakaian seri bertujuan memperbesar hambatan suatu rangkaian. Kuat arus yang melalui tiap-tiap penghambat sama, yaitu sama dengan kuat arus yang melalui hambatan pengganti serinya:
  4. Tegangan pada ujung-ujung hambatan pengganti seri sama dengan jumlah tegangan pada ujung-ujung tiap hambatan:
  5. Rangakaian seri berfungsi sebagai pembagi tegangan dimana tegangan pada ujung-ujung tiap penghambat sebanding dengan hambatannya.
  6. Arus listrik mengalir tanpa melalui cabang.
  7. Jika salah satu alat listrik dilepas atau rusak maka arus listrik akan putus.

Kelebihan dari rangkaian seri adalah:
  1. Lebih menghemat daya yang dikeluarkan pada baterai
  2. Pengerjaan yang singkat
  3. Tidak memerlukan banyak penghubung pada penyambungan jalur sehingga hemat kabel dan saklar (hemat biaya)

Kekurangan rangkaian seri adalah:
  1. Jika salah satu komponen dicabut atau rusak maka komponen yang lain tidak akan berfungsi sebagai mana mestinya. Misalnya saja tiga buah lampu disusun secara seri, maka apabila salah satu lampu dicabut atau rusak maka lampu yang lain akan ikut padam.
  2. Nyala lampu yang satu dengan yang lain tidak sama terangnya.
  3. Semakin jauh dari sumber listrik maka nyala lampu semakin redup.

#  #  #  #  #  #  #

Untuk membaca lebih lanjut mengenai laporan ini silahkan klik link dibawah ini:
Download Link:

Download Laporan Demonstrasi - Rangkaian Listrik Seri

Sekian artikel dari Laporan Praktikum Inside mengenai Laporan Demonstrasi - Rangkaian Listrik Seri, yang dapat kalian jadikan acuan untuk membuat Laporan.
Lihat juga:
Download Contoh Judul Laporan Demonstrasi